ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN

MAYANG SARI LUBIS, MA Dosen STAI AL-HIKMAH MEDAN

Sikap pribadi seseorang terukir dari cara pandang dan perbuatannya. Bagaimana mendefinisikan seseorang bisa mengambil sesuatu sebagai peluang sekaligus tantangan yaitu menempatkan diri pada nilai dan melejitkan diri pada kepemimpinan dengan teori quranik dan hadis.

Karena seseorang yang menginginkan peluang apalagi menjadikannya sebagai tantangan maka tidak jauh dari yang namanya iman. Kenapa hal itu harus ada? Agar semuanya diberkahi dalam naungannya. Tidak melukai keyakinan apalagi sampai mencederai nilai-nilai kebaikan dan moral. Sebagai realisasi dari keseimbangan hidup.

Menjadikan iman dan amal saleh sejalan dengan apa yang menjadi peluang yang ingin diambil dan dilaksanakan.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa peluang kesuksesan bergantung kepada sikap (attitude) dalam merespons berbagai persoalan.

Dalam perspektif Rasulullah yaitu orang yang paling baik dan beruntung adalah yang mampu menghidupkan maslahat sebesar mungkin bagi sesamanya.

Imam Al-Ghazali mengatakan dalam bukunya (Ihya’ ‘Ulum Al-Din) bahwa proses pembeningan/kesucian hati yang kita lakukan dengan konsistensi secara otomatis akan memperbaiki keadaan di luar diri kita. Pembeningan hati yang berdampak kepada perubahan perilaku menuju perbuatan positif akan mengesankan orang lain karena mereka merasakan manfaat dari indahnya perilaku tersebut.

Sebagai suatu nilai tambahan jika sebuah masalah bisa menjadikan kita lebih bijak dalam menyikapinya “apakah sebagai peluang atau sebaliknya menjadikannya sebagai tantangan.”

Petuah seorang bijak “Orang-orang yang selalu memilih untuk melihat dunia dari sisi keindahan adalah orang-orang yang beruntung. Mereka tidak bergantung dengan keadaan dan tidak menyalahkan situasi.”

Allah telah berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 237 yaitu “Dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *