RENUNGAN YANG BERHARGA

MAYANG SARI LUBIS
Dosen STAI AL HIKMAH MEDAN

Menjajaki diri untuk menjadi lebih baik adalah sebuah keharusan.

Keikhlasan menerima ketetapan Allah adalah kecerdasan emosional yang tinggi yang ditemani oleh kesabaran.

Hikmah tidak hanya muncul dari sebuah masalah. Namun juga dalam berbagai hal yang dihadapi dalam kehidupan.

Orang mukmin yang tulus semakin kuat imannya dan semakin teguh memegang keadilan, kearifan dan lapang hatinya dalam menerima kebenaran. Sedangkan orang yang munafik semakin bertambah besar kebohongan dan kekeliruan yang dilakukannya, sehingga mendatangkan kehancuran bagi dirinya dan sekelilingnya.

Dalam kondisi apapun, wahyu dan sunnah bagaikan hujan yang membasahi diri jauh dari kekeringan, sehingga terasa indah dan membahagiakan, dan tidak pula mendatangkan kerusakan.

Kedudukan dan kemuliaan hanya dimiliki orang-orang yang punya hati bersih dan segenap hatinya mengejar ridha dan keberkahan.

Bukan menggantinya dengan kemilauan dunia yang senantiasa tidak menghasilkan kepuasan bahkan semakin haus jika terus diikuti sebagai ambisi dan tujuan.

Fitnah akhir zaman telah dijelaskan dalam Alquran: “Dan siapa di antara mereka yang mengambil bagian yang terbesar dalam penyebaran berita bohong itu maka ia mendapat azab yang besar.” (An-Nur: 11).

Mereka yang ingin merusak kesucian dengan isu-isu kosong. Maka mereka telah mengotori dan menodai arti dari sebuah kebenaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *